You Gotta Go Your Own Way

19:56


Heyho blogwatchers!
yang baru pada lulus SMA kemarin pasti pada lagi sibuk cari universitas yang pas yaa?
atau malah ada yang udah dapet universitas nya?
negeri atau swasta?

apapun pilihan lo, pastiin kalo minumnya teh botol sosro itu emang yang terbaik buat lo. pastiin juga kalo fakultas yang lo pilih itu benar-benar sesuai sama minat dan hobby lo. itu bakal bikin lo enjoy kuliah men!
keinginan orang tua lo beda sama lo? kasih pengertian lah, sekeras apapun orang tua lo, tapi kalo menyangkut anaknya, pasti bakal luluh juga.


oke, gue kasih beberapa contoh:


temen sekelas gue di kampus, dia obsess banget buat masuk FIB di UI, tapi yang dia dapet malah fak. tekniknya. at least, selama 2 semester ini dia jarang banget masuk. kalaupun masuk pasti telaaaaat banget. dia juga masih ngejar FIB impiannya dengan ikut tes masuk tahun ini.

dan contoh yang kedua itu gue. hhe curcol sedikit ngga apa apa kali yaa? (gapapa lah myl, blog juga blog lo, lagian siapa juga yang mau baca postingan ini).
gue itu dari kecil hobby banget gambar. gue juga kreatif! (kata orang-orang loh ini, gue juga ngerasa sih.. sedikit! :p) tiap pelajaran gambar waktu SD, gue selalu ngasih gambar lebih dari satu untuk dinilai.
puas aja rasanya kalo gambar gue itu diliat dan dipuji temen-temen sekelas.
begitu juga pas SMP n SMA, ada pelajaran gambar juga. entah itu gambar perspektif atau apa, yang penting gambar! dan ngga sedikit juga temen-temen yang minta gue gambarin. (oke, stop myl, curhatnya!)

masuk kuliah, tadinya gue mau ambil jurusan design grafis. tapi nggak dibolehin sama nyokap. bokap sih setuju-setuju aja, karena bakat gue ini diturunin dari bokap. nyokap malah maunya gue masuk akuntansi atau ekonomi gitu. nyaris banget gue masuk ekonomi trisakti. akhirnya gue masuk Teknik di kampus gue yang sekarang ini. T. Multimedia dan Jaringan.
"wah, komputer.. ngga apa apa deh, masih lumayan interest. daripada ekonomi."
begitu pikir gue.
asik. dapet temen sahabat yang baik baik banget. gue juga ditawarin buat gabung di team website kampus sama leadernya langsung untuk jadi designer web nya. seneng banget lah gue, secara itu kan emang gue banget. Spanduk, Baliho, Leaflet, Pamphlet beberapa event di kampus, bahkan sertifikat pun gue yang design. entah itu dari team web atau acara himpunan mahasiswa yang gue ikutin.
See?
dan sekarang, pas akhir semester 2 ini, bokap nawarin gue buat pindah kampus. mungkin karena dia liat gue yang nggak kuat juga kali ya di teknik. hmm.. entahlah.. berasa gula dikasih semut deh gue.. (semut dikasih gula kali, myl). ga nolak! DESIGN GRAFIS! itu jurusan yang gue mau! tapi gue nggak bisa seneng dulu, itu baru omongan sekilas dari bokap. belum pembicaraan yang bener-bener serius. belom lagi nyokap yang belum tentu setuju. hhh..

*ooops! udah terlalu lebar ini curhatan gue.

hahahaha
ada juga contoh lain, Farhan di film 3 idiots! ada yang belum nonton film nya? it's recomended!

nih, ada beberapa kutipan dari film itu:
ini dialog pas Rancho bilang kalau tunangannya Phia itu keledai.
"lalu aku harus bilang apa? semula dia Insinyur..lalu MBA.. kemudian ke Amerika untuk bekerja pada sebuah bank.. heeh jika hanya untuk bekerja di Bank, kenapa harus jadi insinyur dulu?"

*******

Rancho lagi ngasih advice ke Farhan yang takut buat bilang ke bokapnya kalo sebenernya dia suka banget fotografi.

Rancho: "kau tau kenapa aku selalu juara?" Farhan: "kenapa?" Rancho: "karena aku mencintai mesin.. mekanika adalah jiwaku"

Rancho: "Heii.. berhentilah jadi insinyur.. jadilah Wild Life Photographer! jalani pekerjaan yang kau kuasai! jika saja bapaknya Mariah Carey menyuruh dia untuk menjadi insinyur atau bapaknya Jet Lee menyuruh dia untuk menjadi penyanyi, coba bayangkan! akan jadi apa mereka hari ini! paham yang kumaksud kan? idiot.. mencintai binatang tap menikahi mesin."


*******

akhirnya Farhan berani buat bilang ke bokapnya..

Farhan: "aku tidak memahami mekanika, meski bisa, aku pasti menjadi ahli mesin yang buruk! Rancho mengatakan sesuatu yang sederhana padaku, 'yang kamu merasa gembira melakukannya, jadikan itu profesimu. sehingga bekerja akan serasa bermain!"
Ayah: "hey.. berapa sih yang akan kau dapat dari hutan itu?"
Farhan : "ayah, gajinya memang tidak seberapa, tapi aku akan bisa banyak belajar!"
ayah: "setelah 5 tahun, kau akan melihat teman-temanmu membeli mobil. kau akan mengutuk dirimu sendiri!"
Farhan: "aku akan frustasi jika menjadi insinyur dan mungkin aku akan mengutuk ayah karena memberiku kehidupan! Ayah, bukankah lebih baik aku mengutuk diriku sendiri?"

*******

tapi bokapnya tetap nggak setuju karena dia bakal malu sama temennya kalo anaknya keluar dari ICE, kampus no. 1 di India.
Ayah: "Tuan Kapoor selalu mengatakan padaku bahwa aku adalah ayah yang beruntung karena anaknya kuliah di ICE! apa yang akan dia katakan nanti?"
Farhan: "Tuan Kapoor tidak pernah menaruh AC dikamarku! yang membuatku merasa nyaman saat tidur. dia tidak mendudukanku di pundak, membawaku berkeliling kebun binatang! ayah yang melakukan semuanya! pikiran ayah membawa pengaruh besar dalam diriku! pikiran tuan Kapoor sama sekali tidak ada pengaruhnya dalam diriku! hhh.. aku bahkan tidak tahu apa nama depan dia!"

********

nah, udah cukup banyak kan contoh yang gue kasih?
so, buat yang baru pada masuk kuliah, dengarkan aja apa kata hati lo dan jangan lupa juga harus berusaha buat itu! ini hidup lo, dan sekarang waktunya lo tentuin jalan hidup lo sendiri. lo juga harus yakin berhasil di jalan itu karena lo bakal enjoy ngejalanin yang sesuai sama minat, bakat dan hobby lo.
LOOK BEFORE YOU LEAP, GUYS! :)

4 Comments

  1. nice word..

    "LOOK BEFORE YOU LEAP, GUYS!"

    BeantwoordenVerwijderen
  2. hhe
    yapp.. that's right kak.. ^.^

    thanks :)

    BeantwoordenVerwijderen
  3. ah, hebat banget udah diserahin bikin spanduk, baliho, dll itu.
    beneran hebat! :D

    aku suka gambar juga :)
    dan pengen banget masuk DKV jugaa! :D

    BeantwoordenVerwijderen
  4. :D
    thanks yaa! X)

    oh yaa? waah, sama lagi kita..
    toss lagi dehh!
    :D

    BeantwoordenVerwijderen